Senin, 25 Februari 2008

Proposal Training My Potency untuk 3,5 Jam


PROPOSAL
TRAINING MY POTENCY





A. PENDAHULUAN
Kebingungan serentak yang melanda banyak siswa – yang paling banyak menimpa kelas 3 SMU – ketika hendak menentukan untuk melanjutkan ke jurusan yang mana yang akan ditempuhnya nanti saat menginjakkan jejak langkahnya di dunia perguruan tinggi atau pada saat keluar dari bangku sekolah, membuat sebagian besar siswa – bahkan hampir seluruhnya – tidak mampu memberikan penilaian atau keputusan secara sehat dan objektif atas masa depannya. Sehingga banyak dari mereka yang hanya bisa menyesal atas keputusannya tersebut.

Salah satunya adalah penggunaan tes IQ disekolah-sekolah. Padahal anggapan bahwa kecerdasan manusia diukur dari IQ belaka sudah tidak lagi memadai dan teori tersebut telah dibantah oleh Howard Gardner – seorang profesor dari Havard University USA – dengan teori multiple intelligences-nya sejak tahun 1983. Beliau berpendapat bahwa skala kecerdasan yang selama ini dipakai, ternyata memiliki banyak keterbatasan sehingga kurang dapat meramalkan kinerja yang sukses untuk masa depan seseorang.

Oleh karena itu, kami menawarkan suatu alternatif Tes Potensi yang lebih terbaru dari pada Tes IQ yaitu berupa Tes Potensi yang tidak hanya tes MI saja, melainkan juga terdiri dari Tes Gaya Belajar, Tes Dominasi Otak, Tes Kreativitas, dan Tes Kepribadian yang kesemuanya masuk dalam satu paket tes yang dinamakan TES POTENSI. Selain itu juga kami tidak hanya sekedar memberikan Tes kepada siswa, melainkan juga kami memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis potensi yang diteskan dan bagaimana memanfaatkan atau menggunakannya.

B. MANFAAT
Manfaat yang diperoleh tidak hanya bagi siswa saja, melainkan juga bagi pihak sekolah dan orang tua / wali murid. Diantara manfaat yang diperoleh adalah:
1. Dapat mengetahui jenis potensi apa yang dimiliki.
2. Dapat mengetahui jurusan di sekolah.
3. Dapat mengetahui gambaran tentang jurusan kuliah yang akan diambil.
4. Dapat mengetahui gambaran tentang jenis profesi apa yang tepat.

C. JENIS TES dan FUNGSI
Jenis Tes yang kami gunakan
1. Tes Multiple Intelligences
Adalah tes yang berfungsi untuk mengetahui tipe kecerdasan apa yang dominan diantara tipe kecerdasan Spasial-Visual, Linguistik-Verbal, Interpersonal, Musikal-Ritmik, Naturalis, Body-Kinestetik, Intrapersonal, dan Logis Matematis pada siswa.
2. Tes Dominasi Otak
Adalah tes yang berfungsi untuk mengetahui tipe penggunaan bagian otak sebelah mana yang menjadi dominan diantara tipe dominasi otak Sekuensial Kongkret, Sekuensial Abstrak, Acak Kongkret, dan Acak Bastrak pada siswa.
3. Tes Kepribadian
Adalah tes yang berfungsi untuk mengetahui tipe kepribadian apa yang dominan diantara tipe kepribadian Kholeris, Melankolis, Sangunis, dan Phlegmatis pada siswa.

D. BIAYA
Biaya yang dikenakan per-siswa sebesar Rp. 35.000, dengan jumlah minimal siswa yang dites sebanyak 50 orang siswa dalam satu waktu. Biaya ini sudah termasuk sertifikat.

E. WAKTU
Waktu pelaksanaan Tes Potensi diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Sedangkan lama pelaksanaan Tes Potensi beserta Pelatihannya selama ± 3,5 jam.

F. PENUTUP
Demikian proposal ini kami ajukan. Besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dengan lembaga sekolah Anda untuk mewujudkan generasi yang memiliki masa depan cerah.


SEMESTA Institute


Endra K. Prihadhi, S.ST
Direktur

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

SEMESTA Institute. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com